CITRA PLUS. Mata adalah salah satu indra yang penting yang punya peran krusial untuk tubuh manusia. Sebagai indra penglihatan, mata bukan hanya memberi pencitraan wujud kepada otak tentang perbedaan bentuk dan warna. Lebih dari itu, mata juga menjadi jendela untuk melihat dunia. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata sejak dini menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

Terdapat berbagai macam alasan mengapa anda harus menjaga kesehatan mata sejak dini, bahkan sejak masih di usia anak-anak. Salah satunya yaitu kemungkinan adanya gangguan mata bawaan yang diderita oleh anak. Kebanyakan bayi yang lahir tanpa masalah penglihatan. Tetapi masalah ini muncul dan tumbuh seiring dengan usianya yang bertambah. Mata menjadi salah satu indra yang rentan dan sedang berkembang dalam masa pertumbuhan anak.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini
Adanya tips untuk menjaga kesehatan mata sejak dini penting sekali. Sebab dengan melakukan tips tersebut, bisa terhindar dari berbagai macam gangguan mata yang ada. Seperti katarak, minus dan berbagai penyakit mata yang dapat dicegah dengan beberapa tips yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Bila anda masih muda, mungkin gangguan mata belum terlalu terlihat. Namun saat sudah menginjak usia dewasa, mungkin itu bisa muncul karena saat masih muda anda kurang peduli dengan kesehatan dari mata anda. Berikut merupakan berbagai macam tips menjaga kesehatan mata di antaranya adalah:

Konsumsi selalu makanan bergizi
Konsumsi makanan yang sehat dan yang mengandung berbagai macam nutrisi. Menurut penelitian, ini bisa membantu menangkal masalah kesehatan mata yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak. Adapun berbagai macam nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, zinc, selenium dan juga asam lemak omega-3. Berbagai macam nutrisi itu bisa diperoleh dengan konsumsi sayuran berdaun hijau, telur, salmon, tuna, jeruk dan kacang-kacangan.

Periksa mata secara rutin
Untuk pertama kalinya memeriksakan mata bisa dilakukan ketika usia bayi 6 bulan dan dilakukan rutin paling tidak dua kali dalam satu tahun. Anda juga bisa memberi makanan yang bernutrisi untuk anak. Khususnya yang baik untuk kesehatan mata, suplemen tambahan pada si kecil juga bisa diberikan agar kesehatan matanya selalu terjaga.

Jangan terlalu lama menatap layar elektronik
Ketika menatap layar smartphone atau komputer terlalu lama, itu bisa mengakibatkan mata menjadi lelah. Gejalanya yang bisa dirasakan adalah nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bagian punggung dan bahu. Mata tegang dan kering, sulit fokus saat menatap ke kejauhan dan terkadang pandangan menjadi kabur. Bila anda bekerja didepan komputer sepanjang hari, maka disarankan agar setiap 20 menit mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter kurang lebih sekitar 20 detik. Hal ini berguna untuk mengurangi ketegangan mata atau dapat juga dengan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam. Bila mata terasa kering maka seringlah untuk berkedip.

Pakai kacamata dan penangkal debu
Saat beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya memakai pelindung seperti kacamata. Hindari debu yang masuk ke mata, sebab bisa menjadikan mata infeksi dan menjadi salah satu penyebab katarak. Penggunaan kacamata bukan hanya sekedar untuk bergaya. Sinar UV menjadi salah satu penyebab utama dari pengerasan lensa, penurunan penglihatan karena gangguan pusat retina dan juga katarak. Memakai kacamata dengan lensa gelap dapat menyaring sinar UV sampai 100% ketika di luar ruangan. Ini menjadi salah satu tips menjaga kesehatan mata yang disarankan dan ampuh untuk anda terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *