CITRA PLUS. Bagi kamu semua yang saat ini masih merasa bingung, galau dan bimbang untuk memutuskan pilihan akan masuk sekolah ke SMA atau SMK. Maka kami sarankan untuk baca terus artikel ini. Dan mudah-mudahan nanti bisa membantu untuk memutuskan pilihan hidup yang selama ini membuat kamu merasa gelisah dan membuat tidurmu tidak tenang. Memilih SMA atau SMK memang bisa membuat bingung siswa yang sudah lulus kelas 9 SMP. Apalagi keduanya mempunyai keunggulan masing-masing.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat kamu menentukan apakah harus memilih SMA atau SMK bagi sekolah lanjutan anda nanti. Di SMA lebih berorientasi pada teori, sementara untuk SMK lebih berorientasi pada praktik. Jadi, mana keduanya yang akan dipilih? jangan sampai kamu semua salah pilihan. Karena sekali salah dalam mengambil keputusan, biasanya bisa berakibat fatal. Tidak semangat belajar dan perasaan kecewa pasti menyelimuti.

Ini yang Harus Dilakukan Saat Memilih SMA atau SMK
Oleh karena itu, kamu harus tahu baru beberapa hal yang harus dilakukan sebelum akhirnya kamu menjatuhkan pilihan kamu setelah lulus SMP. Apakah mau memilih di SMA atau SMK diantaranya hal-hal yang harus kamu lakukan adalah:

Ketahui perbedaan SMA dan SMK
Sebelum menentukan pilihan, kamu harus tahu pilihan yang akan ditunjuk. Apakah memilih SMA atau SMK. Karena perbedaan keduanya cukup signifikan, diantaranya adalah SMA memberi kemampuan akademik. Sementara SMK bisa mendapatkan keterampilan lebih spesifik. Selain itu, sekolah SMA lebih banyak belajar teori, sementara SMK lebih banyak belajar praktek.

Perbedaan lainnya adalah saat sekolah di SMA kamu dituntut untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Sementara untuk lulusan SMK dirancang agar siap kerja setelah lulus. Pilihan jurusan setiap SMA hampir sama, sementara di SMK lebih variatif. Sementara dalam masalah biaya, SMA lebih murah jika dibandingkan dengan SMK. Namun untuk peluang kerja lebih banyak lulusan SMK daripada lulusan SMA.

Gali informasi dan perbanyak referensi
Agar bisa memilih dengan tepat ke mana langkah selanjutnya kamu akan sekolah, jangan cuma terpaku pada satu sumber informasi saja. Tapi sebaiknya cari berbagai macam informasi yang relevan dengan bakat dan juga minat kamu. Informasi bisa lewat majalah, buku, internet, atau bertanya pada orang yang berpengalaman.

Saat ini teknologi informasi sudah makin gampang diakses. Hampir semua sekolah punya website. Maka kamu bisa kunjungi situs nya dan lihat fasilitas yang ada di dalam sekolah tersebut. Selain itu, lihat juga berapa biaya dan lain sebagainya. Dengan informasi cukup, maka bisa lebih mudah untuk memilih dan menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki.
Lihat kemampuan dan cita-cita yang kamu miliki

Setelah tahu seperti apa perbedaan SMA dan SMK, dan sudah dapat informasi yang jelas untuk sekolah yang ingin kamu tuju. Maka sekarang tugasmu adalah melihat bakat dan juga minat yang dimiliki. Bakat berkaitan dengan kemampuan yang ada pada dirimu. Tanyakan pada diri sendiri potensi apa yang dapat dikembangkan. Bila lebih suka mengembangkan hobi yang berkaitan dengan keterampilan, maka SMK lebih tepat untuk dipilih. Akan tetapi, bila lebih suka mendalami ilmu murni misalnya Bahasa, IPA, IPS maka SMA adalah pilihan yang terbaik.

Yang terakhir, tentukan pilihanmu secara tepat. Jangan ragu lagi untuk memutuskan pilihan. Sebab apa yang kamu pilih sekarang ini bisa berdampak pada kehidupan pada masa yang akan datang. Saat kamu sukses menentukan pilihan masa kini maka kamu juga akan sukses untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *