CITRA PLUS. Sebagian anak muda kadang berpikir bahwa beribadah haji dan juga umrah lebih baik dilaksanakan ketika sudah masuk usia tua. Ketika kondisi keuangan keluarga sudah mapan. Tetapi tidak ada salahnya melaksanakan ibadah umroh atau haji ketika usia masih muda. Sebab umroh dan haji di usia muda itu ada banyak keuntungannya. Mengapa harus menunggu sampai usia tua jika anda bisa melakukan ibadah haji atau umroh saat usia masih muda.

Jika anda mempunyai keinginan naik haji yang semakin hari semakin kuat, atau menjalankan ibadah umroh dengan penuh semangat. Rasanya sayang bila itu masih ditunda lagi dengan berbagai macam alasan. Berikut ini setidaknya anda akan tahu mengapa lebih baik menjalankan ibadah haji atau umroh ketika usia masih muda daripada menunggu sampai usia sudah lanjut.
Alasan Haji dan Umroh Lebih Baik Pada Waktu Muda

Di bawah ini adalah berbagai macam alasan yang bisa menjadi dasar mengapa haji dan umrah lebih baik dilakukan ketika usianya masih muda.

Stamina masih kuat
Dalam masalah ibadah haji dan umroh bukan hanya niat saja yang harus kuat tetapi kita harus mempersiapkan stamina. Agar ketika menjalankan ibadah haji dan umrah juga masih kuat. Hal ini karena ibadah di tanah suci harus dipersiapkan juga tenaganya supaya kita bisa menjalani semua rangkaian ibadah umroh. Mulai dari ibadah yang ringan seperti berdzikir, hingga ibadah yang butuh tenaga yaitu tawaf. Semuanya memerlukan stamina kuat dan pastinya diperlukan juga kemampuan untuk bisa menunaikannya. Dengan demikian, apakah anda masih mau menunggu sampai tua untuk menjalankan ibadah haji dan umrah ini.

Jangan tunda selagi kesehatanmu masih prima
Ada banyak sekali umat muslim yang ingin melakukan ibadah haji namun terkadang dirinya terbentur pada kendala fisik yang tidak sehat. Nah selagi kesehatan anda masih prima, maka bersegeralah untuk serius mewujudkan beribadah haji atau umroh. Sebaiknya dengan tubuh yang sehat dan bugar saat berada di tanah suci, ibadah akan lebih maksimal lagi. Terlebih lagi ketika iklim dan cuaca di Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia. Jadi bila anda masih menunggu sampai usia tua, Ditambah dengan kemungkinan kesehatan yang tidak maksimal, maka ibadah kurang hikmat dan kurang optimal.

Tak perlu menunda selagi ada tabungan
Mempersiapkan tabungan yang banyak untuk masa depan memang sebuah hal yang penting. Apalagi bagi para generasi muda, di samping tabungan pernikahan dan juga tabungan hari tua. Sebaiknya mulailah untuk mengalokasikan dana tabungan haji. Dengan demikian, bila nominalnya sudah mencukupi dapat dipakai untuk mendaftar berangkat haji. Juga bisa dilangsungkan dengan usia yang relatif muda, fisik yang kuat dan kesehatan yang masih prima.

Kesempatan menjadi pribadi yang lebih baik setelah beribadah haji dan umroh
Saat anda telah melaksanakan ibadah haji dan umrah pada usia muda, anda tentu punya kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik sesudahnya. Setiap ibadah yang dijalani tentu ada pelajaran berharga dan juga hikmah yang ingin allah ajarkan pada setiap hambanya. Ibadah umroh dan haji merupakan salah satu momen terbaik yang berguna untuk mengambil kesempatan, untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Oleh sebab itu, jangan tunggu sampai tua agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik setelah melakukan ibadah haji dan umroh.

Sudah jelas bukan apa alasan dibalik mengapa kita tidak boleh menunda ibadah haji dan umrah sampai usia kita menjadi tua. Mulai sekarang jika sudah mempunyai bekal yang cukup, maka sebaiknya kita laksanakan haji dan umrah sekarang juga. Jangan menundanya sampai kita berusia tua. Siapa tahu kita sudah tidak punya fisik yang kuat lagi ketika ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah saat usia kita tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *