CITRA PLUS. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab sebuah band dapat memperoleh kontrak rekaman di sebuah perusahaan rekaman besar? Pertanyaan tersebut pasti tentu ada di benak semua anak band band Indie. Untuk mendapatkan kontrak rekaman, ini menjadi sebuah hal yang susah susah gampang. Perlu bakat kepandaian untuk memasarkan dan juga faktor keberuntungan. Sudah banyak bukti mereka yang mengawali karir dari Indie Band akhirnya bisa sukses masuk label musik dan rekaman.

Dengan berbekal keyakinan dan juga usaha dengan cara yang tepat. Ibarat bepergian dengan menggunakan taxi, tapi anda tidak menginformasikan alamat ke sopirnya. Apa yang terjadi? Taxi itu akan berputar saja dan tidak pernah sampai ke tujuan. Jadi intinya tetapkan dulu tujuan band terlebih dahulu secara spesifik. Apakah band cuma ingin jadi band entertain yang memainkan lagu milik orang lain. Atau hanya ingin jadi band indie lokal atau mungkin ingin menjadi band nasional yang dikontrak oleh label besar.

Kisah Inspiratif Perjuangan Band Indie
Disini ada kisah inspiratif dari perjuangan salah satu band indie yang akhirnya berhasil mendapatkan label rekaman. Mereka akan bercerita tentang pengalaman seperti apa suka duka proses masuk label itu. Kisah ini datang dari band Alif, seperti apa kisahnya?

Pada waktu itu band indie ini sejak tahun 2004 sudah menjadi band indie. Dan alhamdulillah karena mendapatkan bantuan sahabat Dodhy Kangen Band, pada tahun 2008 mereka hijrah ke Jakarta untuk menandatangani kontrak di salah satu label musik di Jakarta yaitu label MK. Lagu ini digunakan untuk salah satu artis dari label tersebut. Setelah melewati obrolan panjang dengan orang label, akhirnya mereka tertarik. Akhirnya Alif bisa masuk dan diterima di label. Dari sinilah perjuangan dimulai, pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2012 mereka selalu berjuang dalam membesarkan nama band Alif. Namun ternyata semua itu nihil dan akhirnya memutuskan untuk ngeband dan nyanyi di Lampung saja.

Pada awal 2018 Alif Band mencoba kembali rekaman 5 lagu bersama dengan Herson dan dikirimkan ke label lewat bantuan kawan-kawan yang sudah menjadi artis. Sambil berjalan, lagu yang berjudul Lisa dan salah satu lagu kami yang berjudul Masa Lalu kemudian diupload ke Youtube oleh teman Icon Akmal studio dan juga di Facebook. Dari sinilah kami tidak menyangka bahwa lagu kami yang berjudul Masa Lalu bisa mendapatkan respon yang baik di Youtube dan juga Facebook.

Padahal saat itu proses pembuatan lagu atau proses penciptaan lagu itu hanya memerlukan waktu 1 jam saja. Sebab saat itu saya sedang pegang gitar dan juga teringat sang mantan. Sambil memainkan gitar kemudian membayangkan wajah mantan dan saya membuat liriknya seperti kisah yang sebenarnya.

Dari kisah ini Alif band mengambil kesimpulan bahwa lagu yang dibuat dari hati cepat juga akan menyentuh ke hati. Lalu apa pendapat industri musik saat ini? Industri musik saat ini sedang baik baiknya. Ada banyak label yang sedang memproduksi karena naik dan juga hits nya beberapa lagu dari kalangan artis Indonesia.

Harapan dari Alif sendiri adalah Alif Band bisa besar, Alif bisa maju di tangan MK dan lagu-lagu dari Alif dapat memperoleh tempat di hati pecinta musik dunia. Untuk rencana kedepannya, Alif band akan mengikuti promo dan membesarkan Alif dengan lagu-lagu serta karya-karya yang lebih baik lagi.

Buat anda semua para pecinta musik Indonesia bisa ikuti kegiatan Alif Band sehari-hari dan dengan berbagai macam aktivitasnya di Ig,.@sony_alif atau lewat Fb,.@sony alif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *